Mengatasi HP Lemot Kok Ribet, Yang mudah ada kok.

Mengatasi HP lemot – pesonainformatika.com. Halo semuanya, yang akan kita bahas pada postingan kali ini adalah masalah yang banyak dimiliki oleh pengguna smartphone android yaitu HP tiba-tiba hang, atau kerjanya lemot. Jadi saya akan memberi beberapa tips cara mengatasinya dari penjelasan sebab-sebab umum mengapa HP lemot.

Intro

Smartphone merupakan hal yang hampir dimiliki oleh setiap orang pada saat ini, karena merupakan kebutuhan yang dirasa penting oleh sebagian orang. Dari berjalanya waktu, smartphone muncul berbagai penawaran dari sisi hardware maupun sisi versi OS (operating system). Selain itu juga dari sisi model yang dapat mempengaruhi tingkat penjualan. Tapi sebagian orang banyak kompak menemui masalah smartphone yang dirasa lemot prosesnya. Apapun itu baik merk dan versi OS HP nya. Nah kita cari tahu mengapa bisa terjadi, kemudian bagaimana cara mengatasinya.

Alasan Smartphone lemot

Ada beberapa alasan mengapa smartphone anda lelet atau lemot. Sebaiknya anda tahu dulu mengapa itu terjadi. Berikut bisa anda simak baik-baik

  1. Spesifikasi Perangkat Rendah

  2. Ini merupakan alasan kuat mengapa smartphone terasa lemot. Spesifikasi HP merupakan sasaran utama, karena logikanya smartphone semakin bagus spesifikasinya maka semakin bagus kinerjanya. Tapi butuh biaya yang gak sedikit juga untuk membeli yang mempunyai spesifikasi tinggi. Bagi yang belum mampu dan hanya mempunyai hp pas-pas, jangan berkecil hati mungkin belum waktunya, tapi bisa simak alasan selanjutnya.

  3. Terlalu banyak aplikasi di background yang berjalan

  4. Naah, ini nih yang banyak dilakukan tanpa sadar oleh sebagian orang. Maksutnya yaitu ada beberapa aplikasi yang sebenarnya masih berjalan tanpa kita tahu. Contoh aplikasi yg berjalan di background yaitu Whatsapp, sebetulnya aplikasi ini memang harus berjalan di backround agar selalu update jika ada pesan masuk. Tapi bagaimana dengan aplikasi lainya seperti Instagram, Youtube, Facebook, macam-macam game, dan lain lain yang ternyata masih berjalan tanpa kita tahu yang membuat HP kita lemot.

  5. Kekurangan ruang penyimpanan

  6. Masalah ini juga cukup banyak yang memiliki yaitu kekurangan ruang penyimpanan. Entah penuh karena photo, document, video, atau kebanyakan aplikasi. HP akan semakin banyak read data jika phone memiliki banyak data.

  7. Sistem sudah crash

  8. Maksutnya yaitu OS yang terinstall di HP ada yang crash atau rusak. Namanya software pasti dapat mengalami kerusakan jika dipakai secara terus menerus. Dan ini merupakan hal yang biasa terjadi di perangkat elektronik.

Cara mengatasi HP lemot

Setelah kita mengetahui beberapa alasan yang umum mengapa HP terasa lemot kinerjanya, maka sekarang kita akan bahas bagaimana cara mengatasinya.

  1. Upgrade HP

  2. Bagi yang mempunyai dana lebih, cara ini merupakan yang paling pas karena memang perangkat yang bagus kinerjanya akan semakin bagus. langkah ini merupakan cara mengatasi dari sisi hardware atau spesifikasi. Tapi tetep ada beberapa jalan dari sisi software kok 😀 . Berbagai macam brand sekarang saling berlomba mengeluarkan versi HP yang spesifikasi nya menawarkan kepada berbagai kalangan apakah suka game, eksis di medsos baca install gcam mod, dll dengan pertarungan harga juga. Jadi banyak pilihan nya sesuai kebutuhan.

  3. Close aplikasi yang tidak penting berjalan di background

  4. Seperti yang sudah saya jelaskan, terlalu banyak aplikasi yang berjalan di background sangat berpeluang membuat HP lemot. Atur beberapa aplikasi saja yang dirasa sangat penting. Contoh Whatsapp yang memang butuh selalu berjalan karena butuh kepentingan komunikasi. Cari di store aplikasi yang dapat menclose aplikasi. Bagi pengguna android saya sarankan pakai aplikasi KILL APPS: Close all apps running . Di aplikasi ini kita dapat menutup semua aplikasi yang berjalan di background dengan dapat exception aplikasi yang jangan diclose contohnya whatsapp. Aplikasi ini menurut saya paling ampuh mengatasi masalah ini, dan saya pernah rekomendasikan ke temen, dia juga menyukai. Selain itu saya beri tambahan disable gps, dan bluetooth sekiranya tidak perlu karena memperbanyak tugas sistem.

  5. Hapus file dan aplikasi

  6. Sebaiknya kita menghapus aplikasi yang dirasa tidak perlu diinstall. Contoh Facebook, Twitter, dan lainya dimana semua itu bisa kita akses di aplikasi chrome. Teknik ini benernya gak perlu jika HP anda mumpuni. Tapi demi kepentingan HP yang mempunyai spesifikasi pas pasan dan lemot, saya merekomendasikan cara ini. Artinya dengan cara ini berarti memberi ruang lebih penyimpanan HP. Jadi perangkat tidak banyak melakukan read data. Selain itu Hapus juga file seperti photo, video yang dirasa gak perlu. Atau bisa memindahkan ke memori agar memori internal tidak terlalu penuh.

  7. Update ROM

  8. Langkah ini biasa dilakukan para opreker yang suka utak atik sistem android. Jika awam masalah ini sebaiknya ndak perlu dilakukan jika tidak benar-benar kepepet. Karena kerusakan yang sistem yang lumayan parah, hanya sebagai pengetahuan saja. Langkah ini perlu berbagai informasi contohnya custom ROM apa yang paling cocok untuk tipe HP nya dan biasa mendapat informasi dari forum dan banyak googling. Dan untuk melakukanya ada beberapa pengetahuan yang harus dimiliki yaitu rooting, dan lainya.

Kesimpulan

Setelah mengetahui beberapa alasan dan cara mengatasinya, bisa dipraktekan. Tulisan ini juga pengalaman dari saya. Jika bermanfaat ya saya ikut senang juga hehe. Jarak beberapa detik dalam proses smartphone sangat mempengaruhi kenyamanan kita dalam menggunakan. Saat HP sedang lemot, kita merasa pengen banting bukan? haha/

Semoga bermanfaat, sampai jumpa di postingan selanjutnya.
written_by
@akhisyabab.

Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *