Cara Menghilangkan Noise Suara Menggunakan Audacity

Cara menghilangkan noise – pesonainformatika. Noise, mungkin kita familiar dengan kata ini yang identik dengan suara. Baik suara dari sebuah musik, rekaman, dan lain-lain. Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan cara menghilangkan, tepatnya proses pengurangan noise. Dan alat yang akan kita gunakan yaitu aplikasi audacity.

Apa itu noise?

Pengertian yang saya dapat dari wikipedia, noise adalah suatu sinyal gangguan yang bersifat akustik (suara), elektris, maupun elektronis yang hadir dalam suatu sistem (rangkaian listrik/ elektronika) dalam bentuk gangguan yang bukan merupakan sinyal yang diinginkan. Tapi istilah gampangnya untuk kita artikan yaitu suara bising. Dalam sebuah suara atau video musik, rekaman, dan lainya, noise akan sangat mengganggu dan sungguh tidak nyaman untuk didengar. Tips untuk menghilangkan atau mengurangi noise ini adalah dengan cara mengedit suara tersebut menggunan software atau aplikasi yang bernama audacity. Jika anda belum familiar dengan aplikasi ini saya jabarkan di bawah.

Penjelasan tentang Audacity

Audacity yaitu sebuah aplikasi bersifat gratis dan sumber terbuka yang dapat berjalan di berbagai sistem operasi seperti windows, linux, dan macOS. Ada banyak sekali fitur yang ada dalam aplikasi ini yaitu recording, editing, multitrack mixing dan masih banyak lainya yang tentunya berhubungan dengan suara. Untuk lebih detail kemudian download aplikasinya, silahkan kunjungi https://www.audacityteam.org/.

Setelah anda install aplikasi audacity, sekarang saatnya saya tampilkan cara mengurangi bahkan menghilangkan noise pada suara yang akan kita edit. Berikut langkah-langkah nya.
1. Buka aplikasi audacity

2. Kemudian pilih menu file -> open -> file audio atau video yang akan kita edit. Catatan jika file berbentuk video, maka hasilnya tetap hanya suara.

3. Setelah file yang terbuka, anda bisa memperbesar dengan cara tekan ctrl + scroll mouse ke atas untuk lebih detail.

4. Cari zona yang tidak terdapat suaranya, kemudian block beberapa detik atau waktu untuk kita ambil noise profile nya.

5. Pilih menu effect -> noise reduction

6. Get noise profile

7. Setelah itu, tadi kita block beberapa detik untuk get noise profilnya, kemudian sekarang block semua. Caranya bisa dengan menekan ctrl + a

8. Proses noise reduction dengan cara effect -> noise reduction -> atur noise db , frekuensi dan sensitifnya. Jika belum paham tentang ini bisa dibiarkan saja secara default sudah terdapat standarnya. Kemudian OK.

9. Setelah suara sudah kita proses noise reduction, sekiranya masih terdengan ada noise, bisas lakukan langkah ke-4.

10. Sekiranya telah fix, makan kita export ke file suara sesuai pilihan masing-masing.

Sekian postingan cara agar mengurangi atau menghilangkan noise pada suara, semoga bermanfaat. sampai jumpa di postingan selanjutnya.

written by
@akhisyabab

Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *