Get Started With Flask on Docker

Get Started With Flask on Docker – pesonainformatika.com. Hai visitor 😀 menyapa dulu biar lebih akrab. Sesuai dengan judul, disini kita akan memulai menjalankan python app menggunakan flask yang akan berjalan di docker container dengan tambahan postgres di database dan nginx di bagian web serving. Tapi sebelumnya lebih baik membahas secara singkat apa itu Flask, Nginx, dan Docker.

Apa itu Flask ?

Flask adalah microframework yang terdapat dalam bahasa pemrograman Python. Flask ini menggunakan toolkit Werkzeug dan jinja2 template engine. Microframework ini berlisensi BSD. Disebut microframework karena kerangka framework yang sangat minimalis. Membuat app dari fungsi ke fungsi dengan bantuan library yang dibutuhkan. Biasanya flask digunakan untuk membangun API tapi tidak menutup juga membuat app yang cukup besar. Flask ini cocok bagi pemula yang belajar aplikasi web menggunakan bahasa pemrograman python.

Apa itu Nginx ?

NGINX adalah perangkat lunak open source untuk melayani web, reverse proxying, caching, load balancing, streaming media, dan lainya. Ini dimulai sebagai server web yang dirancang untuk kinerja dan stabilitas maksimum. Selain kemampuan server HTTP-nya, NGINX juga dapat berfungsi sebagai server proxy untuk email (IMAP, POP3, dan SMTP) dan proxy reverse dan load balancer untuk server HTTP, TCP, dan UDP.

Apa itu Docker ?

Docker adalah alat yang dirancang untuk mempermudah pembuatan, penerapan, dan menjalankan aplikasi dengan menggunakan container atau wadah/pembungkus. Wadah memungkinkan pengembang untuk mengemas aplikasi dengan semua bagian yang dibutuhkan, seperti library dan dependensi lainnya, dan mengirimkan semuanya sebagai satu paket. Dengan demikian, berkat container, developer dapat merasa yakin bahwa aplikasi akan berjalan di mesin Linux lainnya. Istilah gampangnya app yang berjalan di local sama dengan app yang berjalan di server. Informasi Docker berjalan di Linux dan Mac OS.

Setelah mengetahui pengertian umum tentang flask, nginx, dan docker mari kita memulai menjalankan app. Sebelumnya yang perlu anda install di OS anda yaitu docker-ce dan docker-compose.

  1. pull repo :
    https://github.com/akhisyabab/flask-nginx-docker.git
  2. masuk ke dalam app yang telah di pull dan ketik
    sudo ./script/run_dev.sh
  3. initial db dulu dengan menjalankan di tab terminal baru
    sudo docker-compose -f docker-compose-dev.yml run engine python manage.py recreate_db
  4. Jalankan di: localhost:5001

App ini yaitu flask + postgres + nginx yang berjalan menggunakan docker container. Kita gunakan sebagai basic yang nantinya akan kita gunakan untuk praktek materi lainya seperti scraping, converter, dan lainya. Semoga bermanfaat. sampai jumpa di post selanjutnya.

Written by
@akhisyabab

Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *