Cara menentukan banyaknya uang pecahan yang dibutuhkan menggunakan bahasa python

Cara menentukan banyaknya uang pecahan yang dibutuhkan menggunakan bahasa python – pesonainformatika.com. Hello hello, dalam membuat program tentunya ada beberapa hal yang wajib diketahui. Yang pertama algoritma, kedua cara menulis codenya. Jadi algoritma disini kita posisikan sebagai cara kita untuk membuat program berjalan sesuai dengan apa yang kita inginkan. Selanjutnya penulisan code. Ini kita bisa pelajari melalui belajar dari banyak sumber yang ada. Anda bisa kunjungi page yang telah saya buat untuk mendapat info sumber belajar. Yang jelas, untuk melatih kedua skill logika dan penulisan code, kita perlu sering membuat program atau latihan. Alasan saya menjelaskan ini diawal mungkin karena pada bahasan kali ini kita ditutuntut sedikit berpikir tentang bagaimana cara membuatnya, walaupun ini si termasuk contoh kasus kategori dasar, hehe. Mari kita mulai masuk ke pembahasan.

Kasus:

Berikut kasus / soal  yang akan kita selesaikan.
Input: jumlah uang dalam rupiah

Proses: 

  1. ratusanribu = jumlah uang dibagi 100.000
  2. sisa = jumlah uang – (ratusanribu * 100.000)
  3. limapuluhribu = sisa dibagi 50000
  4. sisa = sisa – (limaplhribu*50000)
  5. dan seterusnya.

Dari contoh kasus diatas, kita simpulkan bahwa kita akan selalu membagi pecahan yang paling besar terlebih dahulu, jika sisa < pecahan terbesar, maka akan dibagi ke pecahan yang lebih kecil. Setelah memahami apa yang diharapkan, mungkin kita sudah memiliki gambaran untuk menyeselaikanya. Mari kita terapkan di code.

uang = int(input('masukan jumlah uang: '))
uang_pecahan = [100000, 50000, 20000, 10000, 5000, 2000, 1000, 500, 200, 100]
jumlah_pecahan = {}
sisa = uang
print('Input uang {},  Pecahan yang kita butuhkan yaitu: '.format(uang))
for pecahan in uang_pecahan:
    if sisa < pecahan:
        continue
    banyak_pecahan = int(sisa / pecahan)
    sisa = sisa - ( pecahan * banyak_pecahan )
    print('pecahan {} : {}'.format(pecahan, banyak_pecahan))

Mari kita pelajari kembali kode yang telah kita buat.

  1. Kita memulai dengan menginput jumlah uang, 
  2. Kemudian kita membuat list uang_pecahan dimana kita isi item nya dari 100 ribu – 100.
  3. Kita buat variable sisa dengan nilai awal sama dengan uang yang kita inputkan karena belum terpakai.
  4. Kita membuat perulangan pecahan satu per satu dari uang pecahan, dimulai dari pecahan 100 ribu. 
  5. Di dalam perulangan, eksekusi pertama yang kita lakukan yaitu mengecek apakah sisa uang lebih kecil dari pecahan yang sedang kita lakukan. Misalkan (tidak seperti contoh di atas inputan uangnya) kita input uang 90 ribu, looping pertama tentunya pecahan 100ribu, artinya sisa <  pecahan 100 ribu, maka kita gunakan ‘continue’ untuk lanjut perulangan selanjutnya yaitu ke pecahan yang lebih kecil tanpa mengeksekusi code dibawahnya.
  6. Jika kondisi if tidak terpenuhi, maka lanjut ke variable banyak pecahan, yaitu sisa uang dibagi pecahan (dalam kasus nomor 5 diatas, berarti 90ribu / 50 ribu).
  7. Sisa uang akhir yaitu sisa sebelumnya (90ribu) dikurangi pecahan * banyak pecahan(proses nomor 6)
  8. Lanjut ke perulangan pecahan uang selanjutnya yang lebih kecil.

Jika penjelasan saya sulit dicerna, semoga malah langsung bisa paham hanya melihat codenya. Hehe. Jika ada yang perlu ditanyakan silahkan contact saja ke https://web.facebook.com/pesonainformatika/, salah satu mimin disana semoga bisa menjawab secepatnya. Sekalian like page tersebut ya jika menyukai tulisan ini hihi, like anda sangat memberi dukungan untuk terus semangat menulis 😀 . Anda bisa kunjungi halaman utama seputar python pesonainformatika untuk explore lebih contoh-contoh dan artikel seputar python. Semoga bermanfaat, sampai jumpa di postingan selanjutnya.