Site icon Pesona Informatika

Pemrograman Berorientasi Object mengunakan Python

Pemrograman Berorientasi Object mengunakan Python – pesonainformatika nah pada kesempatan kali ini kita akan belajar tentang pemrograman berorientasi object menggunakan Bahasa pemrograman python.

pada dasarnya Objects Orented Programming adalah paradigma pemrograman dimana kita membuat sebuah sistem tang terdiri dari beberapa object yang saling berinteraksi

ada beberapa hal yang wajib kita ketahui tentang object oriented programming yaitu

Class

Class adalah blueprint suatu object kalo diibaratkan seperti sketsa dalam sebuah lukisan

Method

adalah apa yang dapat dilakukan oleh si class itu sendiri

Field

segala sesuatu yang dimiliki si class

Object

adalah bentuk realisasi atau bentuk nyata dari suatu class

Identifier

adalah itentitas dari sebuah class agar si class dapat dipanggil atau di inisialisasi, contoh seperti ini

kelas = Kelas(nama="feri", no_abs=10)
print(kelas)

Membuat Class Pertama

class Kelas:
    def __init__(self, nama, no_abs):
        self.nama = str(nama)
        self.absen = str(no_abs)
    def getNama(self):
        return self.nama
    def getAbsen(self):
        return self.absen
    def setNama(self, nama):
        self.nama = nama
    def setAbsen(self, no_abs):
        self.absen = no_abs

if __name__== '__main__':
  kelas = Kelas(nama="feri", no_abs=10)
  print(kelas)

nah disini kalo kita inisialisasi suatu class kemudian kita cetak menggunakan print

maka akan tercetak sebuah object namanya Kelas

mencetak object dari suatu class

Mengakses Method

kalo kita lihat class yang sebelumnya kita buat kita sudah membuat beberapa method yang ada didalam class ditandai dengan kita membuat sebuah fungsi ditandai dengan adanya keyword self dalam suatu fungsi, jika ada self dalam suatu fungsi maka fungsi tersebut menjadi method suatu class

kelas = Kelas(nama="feri", no_abs=10)

# mengakses method
absensi = kelas.getAbsen()
nama = kelas.getNama()

data = {
  "nama": nama,
  "kelas": absensi,
}

# cetak data
print(data)
mengakses method yang dibuat

nah disana kita bisa lebih memanage dan mengolah kode yang akan kita buat, contoh kongkrit kita akan membuat kelas untuk mengukur jarak supaya kita lebih paham bagaimana membuat dan mengorganisir suatu kelas yang akan kita buat

class Pointer:
    def __init__(self, x = 0, y = 0):
        self.x = x
        self.y = y
    
    # mencari jarak dari titik asal
    def distance(self):
        return (self.x**2 + self.y**2) ** 0.5

if __name__== '__main__':
  pointer = Pointer(20, 5)

  print('jaraknya adalah', pointer.distance())
output dari method distance pada class pointer

Membuat Menu Interaktif

dari kelas diatas kita bisa membuat menu interaktif agar aplikasi yang kita buat bisa digunakan dengan mudah oleh pengguna, disini kita bisa menggunakan print agar tampilan lebih interaktif

disini kita bisa padukan dengan perulangan dan mengiolah data dictionary

Daftar_Siswa = {}
loop = True

print("===================================================================")
print("             Selamat Datang Di Aplikasi Pendaftaran Siswa Baru     ")
print("===================================================================")
print("                                     Menu              ")
print("1. Tambah Data       ")
print("2. Hapus Data        ")
print("3. Tampilkan Data    ")
print("4. Cari Siswa        ")
print("5. Edit Nama Siswa   ")
print("6. Edit Nomor Siswa  ")
print("7. Jumlah Total Siswa yang Sudah Mendaftar")
print("0. Keluar            ")
print("======================================================================")

while loop:
    print("\n\n")
    menu = input("Masukan Menu : ")

    if menu == "1":
        nama = input("Masukan Nama : ")
        absen = input("Masukan No Absens : ")
        siswa = TKJ(nama, absen)
        Daftar_Siswa[absen] = siswa
    elif menu == "2":
        input("Masukan Nomer Absen Siswa : ")
        if (absen in Daftar_Siswa):
            del Daftar_Siswa[absen]
        else:
            print("Data Tidak Ditemukan")
    elif menu == "3":
        for i in Daftar_Siswa:
            print("Nama Siswa : ", Daftar_Siswa[i].getNama())
            print("No Absen : ", Daftar_Siswa[i].getAbsen())
    elif menu == "4":
        absen = input("Masukan Nomor Absen Siswa : ")
        if absen in Daftar_Siswa:
            print("Nama Siswa : ", Daftar_Siswa[absen].getNama())
            print("Nomor Absen : ", Daftar_Siswa[absen].getAbsen())
        else:
            print("Data Tidak Ditemukan")
    elif menu == "5":
        absen = input("Masukan Nomor Absen Siswa : ")
        if absen in Daftar_Siswa:
            namaBaru = input("Masukan Nama Baru : ")
            Daftar_Siswa[absen].setNama(namaBaru)
        else:
            print("Data Tidak Ditemukan")
    elif menu == "6":
        absen = input("Masukan Nomor Absen Baru : ")
        if absen in Daftar_Siswa:
            absenBaru = input("Masukan Nomor Absen Baru : ")
            Daftar_Siswa[absen].setAbsen()
        else:
            print("Data Tidak Ditemukan")
    elif menu == "7":
        print("Jumlah Total Siswa: ", len(Daftar_Siswa))
    elif menu == "0":
        loop = False
    else:
        print("Command not Found ")

jika kita jalankan kodenya maka akan jadi seperti ini

membuat aplikasi crud sederhana

itu dia penjelasan singkat mengenai object oriented programming menggunakan python untuk source code bisa diakses melalui Github dan untuk live code cek repl.it

brader and sister bisa masuk halaman link belajar javascript atau di menu website ini bagian programming, anda bisa menemukan contoh dari penggunakan bahasa lain seperti python, java, dan cpp.

Exit mobile version