Cara Membagi Waktu Bagi Pelajar

Cara Membagi Waktu Bagi Pelajar

Cara membagi waktu bagi pelajar atau mahasiswa

Apakah anda pernah merasakan sulitnya membagi waktu? atau merasakan sehari seperti hanya 12 jam karena berjalan cepat tanpa ada manfaat? Jika iya berarti anda normal dan saya juga merasakanya 😀 . Saya bukan ahli dibidang bagi-bagi waktu, tapi di postingan dengan judul cara membagi waktu bagi pelajar ini, saya hanya ingin sharing bagaimana saya memaksimalkan waktu saya yang saya rasa cocok dengan kegiatan saya seorang mahasiswa.

Ingin tahu bagaimana cara saya membagi waktu ? eh emang saya siapa? 😀 . Ok simak baik-baik.

1. Niat.

Komponen ini menentukan sekali dan sangat penting. Niat ingin menjadi orang yang lebih bermanfaat dan dapat memanfaatkan waktu harus ada lebih awal. Niat melakukan perubahan yang lebih baik, lebih berguna, dan sebagainya.

2. Tentukan kegiatan apa yang tidak bisa ditawar.

Komponen ini sebagai lanjutan dari niat. Kita harus menentukan kegiatan pokok kita yang tidak bisa ditawar, atau kecil kemungkinan untuk ditawar. Contoh Tidur, Sekolah/kuliah, atau yang lainya.

3. Tentukan waktu kira-kira wajib belajar.

Sebagai pelajar atau mahasiswa, komponen ini penting sekali karena ketekunan belajar di luar jam sekolah atau jam kuliah berpengaruh besar pada sikap kedisiplinan.

4. Merumuskan lama kegiatan.

Berikut hanyalah perhitungan saya pribadi, karena setiap orang mempunyai kegiatan berbeda.

a. Tidur : max 6 jam
b. Kuliah : saya hitung dari pukul 7 pagi – 2 siang. jadi 7 jam.
c. Ngaji: 2 jam
d. Olah raga: 1 jam

Setelah saya total kegiatan yang tidak bisa ditawar diatas, jumlahnya 16 jam. Jadi saya masih mempunyai waktu lebih sekitar 8 jam. Kemudian saya menentukan wajib belajar / eksplorasi pengetahuan 5 jam. jadi saya mempunyai waktu sisa 3 jam. Inilah istilahnya waktu yang biasa sebut waktu longgar 😀 .

5. Merumuskan waktu kegiatan.

a. Tidur : Jika tidak ada kegiatan dadakan, saya atur persiapan tidur mulai pukul 21.00 dan bangun pukul 02.30. dari waktu 02.30 – 07.00 jatah waktu longgar jangan diambil. Jam segini lakukan apa yang menjadi kegiatan pokok, belajar, atau apa yang telah dirumuskan di nomor 4 karena pikiran masih jernih.
b. Kuliah : pukul 07.00-14.00 saya kuliah. Jika ada waktu kosong/luang, inilah waktu yang saya ambil dan saya jadikan waktu longgar, jadi waktu longgar yang telah dianggarkan 3 jam tadi masih kita simpan.

Nah sisa dari tidur dan kuliah diatas silahkan rancang sendiri waktu penempatanya. Intinya jumlah kuota jam yang telah di anggarkan jangan dikurangi. Butuh bantuan? Ada aplikasi android yang merekam waktu bernama Timesheet. Bisa didownload di google. Aplikasi ini sangat membantu sekali bagi saya karena dapat memperlihatkan apakah jatah kuota saya belajar telah tercapai atau belum.

Catatan:
Hindari kegiatan yang membuang berpotensi membuang waktu sia-sia. Boleh santai, tapi menurut perhitungan kita punya waktu 3 jam / hari.

Begitulah kira-kira 5 langkah yang saya ambil, dan sangat berpengaruh bagi saya dalam memanfaatkan waktu. Saya yakin anda lebih hebat dalam merumuskan 😀 . Semoga bermanfaat.

written by @akhisyabab

Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *