Menghitung luas lingkaran java – pesonainformatika. Halo guys, hehe…., kita masih akan lanjut untuk belajar studi kasus dasar di java. Dan di kesempatan ini kita akan membahas cara menghitung luas lingkaran menggunakan bahasa java. Tidak ada yang sulit menurut saya untuk kasus ini asalkan saudara sudah mengetahui rumus lingkaran dan cara penulisan dasar kode java. Untuk tutorial java dari dasar penulisan, w3schools telah menyediakan dengan detail. Mungkin bisa mempelajari dari sana jika anda benar-benar belum mengetahui sama sekali tentang bahasa java. Atau malah belum tahu coding? sebelumnya saya pernah menulis tentang coding di artikel ini.
Bentuk paling dasar.
Kita masih akan mengulangi sesi paling dasar dalam membuat program menghitung luas. Kita harus tahu dulu rumus yang akan digunakan. Luas lingkaran = phi * r * r . Simbol (*) artinya perkalian. Saya asumsikan saudara sudah bisa membuat project sendiri, sehingga saya tinggal tulis penerapanya saja. Perhatikan kode berikut:
public class LuasLingkaran {
public static void main(String[] args) {
double phi = 3.14;
int r = 7;
double L = phi * (r * r);
System.out.println(L);
}
}
- Kita awali dengan membuat variable phi dengan memberi nilai 3.14
- Selanjutnya kita membuat variable r (jari-jari) dengan memberi nilai 7
- Next, membuat variable L dengan mengebalikan nilai phi x (r x r)
- Kita mencetak nilai L
Setelah mengetahui bentuk dasar, mari kita kreasikan menggunakan nilai dari inputan sesuai yang kita inginkan:
import java.util.Scanner;
public class LuasLingkaran {
public static void main(String[] args) {
Scanner scanner = new Scanner(System.in);
System.out.println("Masukan jari-jari lingkaran: ");
int r = scanner.nextInt();
double phi = 3.14;
double L = phi * (r * r);
System.out.println(L);
}
}
Cukup mudah bukan? Bedanya yaitu kita hanya menambahkan scanner untuk mendapat nilai dari inputan. Untuk postingan seputar java lainya, saudara bisa kunjungi link katergori java ini untuk mengeksplore lebih banyak. Saya kira hanya sampai disini untuk postingan kali ini, semoga paham dengan penjelasan saya. Jika ada yang perlu ditanyakan silahkan contact saja ke https://web.facebook.com/pesonainformatika/, salah satu mimin disana semoga bisa menjawab secepatnya, ataupun jika saudara menemukan kesalahan dalam penulisan saya, dengan harap saya minta tolong hubungi saya di page tersebut biar saya perbarui. Sekalian like page tersebut ya jika menyukai tulisan ini hihi, like anda sangat memberi dukungan untuk terus semangat menulis 😀 . Semoga bermanfaat, sampai jumpa di postingan selanjutnya.
Programmer python yang punya banyak ambisi.
Remote developer at remoteworker.id Software Agency