program menghitung luas segitiga menggunakan c++

Menghitung luas segitiga menggunakan c++ – Pesonainformatika.com. Pada artikel ini, yang akan kita bahas yaitu bagaimana cara kita membuat program sederhana untuk menghitung luas segitiga menggunakan bahasa c++. Tentunya ini adalah studi kasus tingkat dasar. Tapi akan sangat bermanfaat jika saudara benar-benar pemula dan baru memulai bahasa pemrograman c++. c++ sendiri banyak sekali digunakan untuk praktik dalam pembelajaran di sekolah / kuliah untuk memahami algoritma dasar. Anda bisa menggunakan text editor favorit seperti dev c++ atau lainya. Tapi disini mimin menggunakan CLion dari jetbrains. Okay kita mulai masuk ke pembahasan.

Bentuk paling dasar

Jadi yang harus kita ketahui tentunya yaitu rumus luas segitiga kan ya…. Hehe. Rumus luas segitiga yaitu ½ x alas x tinggi. Dalam bahasa c++, perkalian(x) disimbolkan dengan tanda (*) . Perhatikan kode berikut:

#include <iostream>
using namespace std;

int main() {
    float alas = 10;
    float tinggi = 15;
    float luas = 0.5 * alas * tinggi;
    cout << luas;
    return 0;
}
program luas segitiga menggunakan c++

Kode diatas kita membuat variable alas dan tinggi terlebih dahulu, kita beri masing-masing nilainya. Kemudian kita buat variable luas dengan nilai hasil perhitungan rumus 0.5 x alas x tinggi.

Kreasi dengan input

Kalau code diatas, kita tahu bahwa alas dan tinggi sudah kita tentukan, bagaimana jika kalau kita kreasikan dari sebuah inputan? dalam c++ kita bisa menggunakan ‘cin’ seperti code dibawah ini:

program luas segitiga menggunakan c++ - 2

Cukup mudah bukan? Melalui latihan dasar seperti ini diharapkan bisa benar-benar paham dan nantinya akan berguna untuk belajar ke tahap selanjutnya. Yang penting terus mencoba, nanti akan terbiasa dengan syntax-syntax nya. Pengalaman pribadi dan anak yang saya didik, kita akan kesulitan dan lama untuk mengerjakan task jika tidak kuat di basic.

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di postingan selanjutnya.
written by:
@akhisyabab